7 Alasan Pentingnya Sarapan - Kumpulan Resep Masakan Ibu Indonesia

Post Top Ad

7 Alasan Pentingnya Sarapan

Share This
7 Alasan Pentingnya Sarapan - Resep Ibu dan Anak
7 Alasan Pentingnya Sarapan

Tahukah Anda bahwa sarapan pagi sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, Seringkali kita menyepelekan dan melewatkan waktu sarapan. Padahal pagi hari merupakan awal dari segala aktifitas kita. Baik memulai pekerjaan, sekolah, kuliah, dll. Berikut 7 Alasan Pentingnya Sarapan :


7 Alasan Pentingnya Sarapan

1. Sarapan Memberikan Energi Bagi Tubuh

Setelah sepanjang malam tubuh kita beristirahat dan kehilangan cukup banyak energi. Maka sarapan dengan makanan yang kaya kandungan karbohidrat dan serat didalamnya seperti roti gandum dan oatmeal akan membuat tubuh Anda kembali berenergi. Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan kalsium juga baik untuk sarapan.

2. Sarapan Dapat Melancarkan Pencernaan    

Di pagi hari tubuh akan melakukan detoksifikasi yaitu mengeluarkan zat sisa. Sarapan dapat memperlancar proses detoksifikasi tersebut, karena tubuh di ransang dengan makanan baru yang masuk kedalam tubuh. Sehingga kerja usus untuk mengeluarkan sisa makanan yang lama dan mengeluarkan enzim untuk memperlancar proses pencernaan.

3. Sarapan Dapat Meningkatkan Kerja Otak

Otak sebagai pusat kendali manusia membutuhkan nutrisi yang cukup, agar dapat bekerja dengan baik. Kurangnya nutrisi akan mengakibatkan kurangnya konsentrasi dan menurunnya kinerja otak. Dengan sarapan, kita dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh otak untuk memulai aktifitas kita dipagi hari.

Sarapan dapat Meningkatkan Kerja Otak - Resep Ibu dan Anak
Sarapan dapat Meningkatkan Kerja Otak

4. Sarapan Dapat Memenuhi Nutrisi Yang Dibutuhkan Tubuh

Menu sarapan seperti sereal, susu, yoghurt, dan lain lain cukup memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh di pagi hari. Sarapan tidak perlu makanan yang berat namun cukup mengandung banyak nutrisi bagi tubuh.

5. Sarapan Dapat Menurunkan Resiko Obesitas

Orang yang tidak sarapan cenderung memiliki resiko lebih besar terkena obesitas dibandingkan yang sarapan. Karena rasa lapar yang ditunda hingga siang hari membuat dirinya mengkonsumsi makanan lebih banyak pada saat makan siang. 

6. Sarapan Dapat Meningkatkan Sistem Imun

Dengan sarapan teratur Anda dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Karensa dengan sarapan yang teratur membuat hormon-hormon yang berperan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh meningkat. Jika sistem imun kita baik, mak kita tidak akan mudah terserang oleh penyakit. 

7. Sarapan Dapat Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Berbahaya

American Heart Association menerbitkan jurnal yang menyatakan bahwa orang yang malas sarapan cenderung memiliki kadar gula dan kolestrol yang tinggi dibandingkan dengan orang yang rajin sarapan. Kadar gula dan kolestrol yang tinggi merupakan faktor utama penyebab berbagai penyakit seperti jantung dan diabetes.


Itulah 7 Alasan Pentingnya Sarapan, mulailah hidup sehat dengan menerapkan pola makan yang baik. Salah satunya dengan tidak meninggalkan waktu sarapan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad