10 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil - Kumpulan Resep Masakan Ibu Indonesia

Post Top Ad

10 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil
10 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil (Foto:Thinkstock/Lisovskaya)

Sahabat Ibu dan Anak, pada kesempatan ini Resep Ibu dan Anak akan memberikan tips untuk ibu hamil dalam menjaga pola makannya. Bila bunda pernah mendengar seorang ibu yang sedang hamil harus makan lebih banyak dari sebelumnya, karena janin yang ada di dalam tubuh bunda. Hal itu tidak sepenuhnya benar, yang benar adalah wanita hamil harus makan makanan yang bergizi 2 kali lipat dari sebelumnya. Karena yang dibutuhkan janin adalah nutrisi, bukan makanan yang banyak. Dengan makan banyak justru akan menambah berat badan bunda.

Penting bagi seorang ibu hamil memilih makanan yang bergizi, mengetahui mana yang baik untuk di konsumsi ibu hamil atau yang tidak baik untuk perkembangan janin. Berikut 10 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil :

10 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil 

1. Makanan Sehat dari Aneka Olahan Kacang Kedelai

Makanan Sehat dari Olahan Kacang Kedelai - Kumpulan Resep Masakan Ibu Indonesia
Makanan Sehat dari Olahan Kacang Kedelai

Salah satu makanan yang baik untuk ibu hamil adalah olahan kacang kedelai. Karena kacang kedelai merupakan salah satu sumber protein tinggi yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin. Olahan kacang kedelai sangat mudah ditemui dan harganya pun tidak memberatkan bagi bunda, seperti tempe dan tahu.

2. Makanan Sehat dari Oatmeal

Oatmeal - Kumpulan Resep Masakan Indonesia
Makanan Sehat dari Oatmeal

Oatmeal atau bubur gandum merupakan makanan untuk menambah energi bagi ibu hamil. Nutrisi dan mineral yang terkandung didalamnya, seperti karbohidrat kompleks akan membuat bunda merasa lebih lama kenyang. Dan oatmeal sangat baik bagi penderita kolestrol tinggi agar tetap memiliki kondisi yang fit. Oatmeal sangat baik dikonsumsi saat sarapan, karena saat itu tubuh memerlukan energi untuk memulai segala aktifitas di pagi hari. Baca Manfaat Sarapan di Pagi Hari.


3. Makanan Sehat dari Ikan Salmon

Makanan Sehat dari Ikan Salmon - Kumpulan Resep Masakan Indonesia
Makanan Sehat dari Ikan Salmon
Salah satu makanan sehat untuk ibu hamil adalah Ikan Salmon, karena didalamnya terkandung lemak omega 3 yang tinggi. Omega 3 ini sangat baik untuk perkembangan janin sang ibu. Kandungan merkuri yang ada di dalam ikan salmon juga sangat sedikit jadi aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.


4. Yoghurt Baik Untuk Ibu Hamil

Yoghurt Baik Untuk Ibu Hamil - Kumpulan Resep Masakan Indonesia
Yoghurt Baik Untuk Ibu Hamil
Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat siapapun akan menyukainya. Produk fermentasi susu ini menjadi salah satu favorit bagi ibu hamil. Seorang ibu hamil memerlukan 1000 mg kalsium per hari. Agar perkembangan dan pertumbuhan janin tetap sehat. Dan kebutuhan itu dapat terpenuhi dengan bunda mengkonsumsi yoghurt yang kaya dengan vitamin D dan kalsium. Jadi yoghurt adalah makanan yang baik untuk ibu hamil. Baca juga 7 Manfaat Yoghurt Bagi Tubuh.


5. Makanan Sehat dari Olahan Keju

Makanan Sehat dari Olahan Keju - Kumpulan Resep Masakan Ibu Indonesia
Makanan Sehat dari Olahan Keju
Salah satu makanan sehat untuk ibu hamil adalah olahan keju, namun perlu untuk diketahui tidak semua jenis keju baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Pilihlah jenis keju cheddar atau mozzarella untuk dikonsumsi ibu hamil. Berdasarkan sebuah penelitian, setiap ons keju dapat memberikan 150 hingga 200 mg kalsium.


6. Kacang Walnut Makanan Sehat Ibu Hamil

Kacang Walnut Makanan Sehat Ibu Hamil - Kumpulan Resep Masakan Indonesia
Kacang Walnut Makanan Sehat Ibu Hamil
Bila Bunda kesulitan dalam mencari ikan salmon maka sebagai makanan penggantinya yaitu dengan mengkonsumsi kacang walnut. Karena kacang walnut merupakan salah satu sumber omega-3 nabati.


7. Daging Tanpa Lemak

 
Daging Tanpa Lemak - Resep Masakan Indonesia
Daging Tanpa Lemak
Ada kalanya bunda uintuk mengkonsumsi daging, agar kebutuhan protein dan nutrisi lainnya dapat terpenuhi. Karena daging merupakan salah satu sumber zat besi hewani yang baik untuk ibu hamil. Namun perlu diperhatikan daging yang akan dikonsumsi, hindari mengkonsumsi daging yang berlemak agar ketika setelah melahirkan tidak bertambah berat badannya alias kegemukan. ENggak mau kan keliahatan gendut setelah melahirkan ?


8. Ubi Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Ubi Makanan Sehati Untuk Ibu Hamil - Kumpulan Resep Masakan Indonesia
Ubi Makanan Sehati Untuk Ibu Hamil
Salah satu makanan sehat untuk ibu hamil adalah ubi. Karena didalam ubi terkandung zat karotenoid yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil. karotenoid merupakan pigmen tumbuhan yang diubah menjadi vitamin A setelah memasuki proses pengolahan didalam tubuh. Zat karotenoid ini akan diubah menjadi vitamin A jika tubuh memerlukan saja, jadi bunda tidak perlu khawatir dari efek Avitaminosis.


9. Makanan Sehat dari Aneka Sayuran Hijau

Makanan Sehat dari Aneka Sayuran Hijau - Kumpulan Resep Masakan Ibu
Makanan Sehat dari Aneka Sayuran Hijau
Sayuran hijau merupakan santapan yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil, karena kandungan mineral dan nutrisi yang ada didalamnya sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Konsumsi sayuran hijau dengan teratur dan diselingi makanan lain.


10. Makanan Sehat dari Aneka Buah Buahan

Makanan Sehat dari Aneka Buah Buahan - Kumpulan Resep Masakan Indonesia
Makanan Sehat dari Aneka Buah Buahan
Untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh janin dan ibu hamil. Disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan. Kandungan vitamin yang ada didalam buah sangat bermanfaat untuk Ibu dan Janin dikandungannya.


Itulah 10 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil, Tips diatas juga dapat di terapkan bagi para suami yang membutuhkan Tips Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda dan Hamil Tua. Semoga bermanfaat.
Baca juga Tips Menjaga Kesehatan Payudara dengan Makanan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad